ANALISIS SALURAN PEMASARAN DAN PROFIT MARGIN SAPI PERANAKAN ONGOLE (PO) KEBUMEN DI WILAYAH KERJA PASAR HEWAN GOMBONG DAN ARGOPENI KEBUMEN

  • Natanael Tyasta Prasetya Adhi S1 Peternakan
  • Nunung Noor Hidayat Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman
  • Rahayu Widiyanti Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: Sapi Peranakan Ongole (PO), Kebumen, Saluran Pemasaran, Profit Margin, Lembaga Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran sapi Peranakan Ongole (PO) Kebumen di pasar hewan Gombong dan Argopeni Kebumen, menganalisis profit margin lembaga pemasaran yang terlibat dan mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi profit margin. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengamatan dan wawancara secara langsung terhadap 60 responden yang dipilih melalui teknik accidental sampling dan penentuan wilayah dengan purpossive sampling. Variabel yang dianalisis meliputi harga beli ternak, jumlah ternak yang dikuasai, lama pemeliharaan, tingkat pendidikan, pengalaman jual beli ternak, tingkat pedagang, dan profit margin. Saluran pemasaran dianalisis secara deskriptif, profit margin dihitung mengggunakan Net Profit Margin (NPM), dan faktor-faktor yang memengaruhi profit margin dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan tiga pola saluran pemasaran: peternak, pedagang, konsumen/jagal; peternak, pedagang I, pedagang II, konsumen/jagal; dan peternak, pedagang I, pedagang II, pedagang III, konsumen atau jagal. Profit margin pedagang I,II,III masing-masing adalah 4,33%, 4,99%, dan 7,66%. Profit margin dipengaruhi oleh harga beli ternak, jumlah ternak yang dikuasai, lama pemeliharaan, pengalaman jual beli ternak, dan tingkat pedagang.

References

Alamsyah, A. F., Taslim Dan A. Fitriani. 2015. Analisis Saluran Dan Margin Pemasaran Sapi Potong Di Pasar Hewan Tanjungsari. Student E-Journal. 4 (2).
Budiarsana, G.M., B. Wibowo dan D. Priyanto. 2016. Produktivitas dan Rantai Pasok Ternak Kambing dan Domba (KADO) Studi Kasus di Kabupaten Tegal. Jurnal Ilmu Ternak. 16 (2): 35-42.
Dewi, R. S. (2013). Pengaruh Faktor Modal Psikologis, Karakteristik Entrepreneur, Inovasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Karakteristik UKM Terhadap Perkembangan Usaha Pedagang di Pasar Tradisional (Studi kasus pada Pedagang Sembako dan Snack di Pasar Peterongan). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1) : 30- 40.
Gultom, D. K. 2015. Pengaruh Likuiditas Dan Struktur Modal Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Plastik Dan Kemasan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Ekonomikawan : Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan. 14 (2) : 139 – 147.
Heryanto, et al. (2016). “The Effect of Livestock Purchase Price and Maintenance Duration on Profit Margins in Livestock Marketing.” Journal of Agricultural Economics.
Koesmara, H., Nurtini, S., dan Budisatria, I. G. S. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi margin pemasaran sapi potong dan daging sapi di Kabupaten Aceh Besar. Buletin Peternakan, 39(1), 57-63.
Muatip, K., H. Purwaningsih, A. Priyono dan M. Nuskhi. 2019. The Correlation of the Age and Length of Stay with the Compliance pf Beef Cattle Farmers Norms (Case Study) in Final Waste Disposal of Jatibarang, Semarang City. Jurnal Animal Production. 21 (3) : 148-156.
Mulyadi, A. (2005). “Marketing Efficiency and Profit Margins in Livestock Marketing Channels.” Journal of Animal Husbandry.
Rusdiana, S., U. Adiati Dan R. Hutasoit. 2016. Analisis Ekonomi Usaha Ternak Sapi Potong Berbasis Agroekosistem Di Indonesia. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian. 6 (2) : 137 – 149.
Setya, G. G., Hidayat, N. N., & Muatip, K. 2016. Analis Saluran Pemasaran, Pendapatan dan Profit Margin Bisnis Hijauan Pakan Ternak di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Peternakan.
Sudjana, N. 2002. Metode Statistika Edisi VI. CV Maulana. Bandung
Wahyono, et al. (2015). “Impact of Transportation Costs on Livestock Marketing Margins.” Journal of Agricultural Research.
Published
2025-02-20
How to Cite
[1]
N. Adhi, N. Hidayat, and R. Widiyanti, “ANALISIS SALURAN PEMASARAN DAN PROFIT MARGIN SAPI PERANAKAN ONGOLE (PO) KEBUMEN DI WILAYAH KERJA PASAR HEWAN GOMBONG DAN ARGOPENI KEBUMEN”, ANGON: Journal of Animal Science and Technology, vol. 6, no. 3, pp. 315-321, Feb. 2025.
Section
Articles